Menguak Manfaat Daun Antanan Alias Daun Pegagan

Tiap orang tentu ingin selalu bugar kendati umur sudah tak muda lagi. Untuk itu Anda sanggup mengeksplorasi manfaat daun Antanan atau lebih sering disebut daun Pegagan. Di samping bisa memperbaiki fungsi organ, tumbuhan menjalar ini pun manis untuk menghambat resiko menderita pikun lebih awal. Untuk meracik tumbuhan obat bangsa China jagonya, termasuk memanfaatkan daun Antanan ini.
 Tiap orang tentu ingin selalu bugar kendati umur sudah tak muda lagi Menguak Manfaat Daun Antanan Alias Daun Pegagan

Di tanah air kita tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Centella asiatica L ini pun cukup populer. Masyarakat sering menggunakannya sebagai materi obat herbal. Tumbuhan ini sanggup dimakan berbentuk segar, diolah dulu atau atau dibentuk jus. Antanan lebih bahagia hidup di habitat berair menyerupai di bersahabat pekarangan rumah atau di tepian sungai. Daun mempunyai bentuk bulat, berbatang lunak dan merambat hingga tinggi 1 meter.

Manfaat daun Antanan untuk obat khususnya di Pakistan, India dan Malaysia malah sudah sejak ribuan tahun lampau. Tumbuhan ini diyakini sanggup meningkatkan kekuatan tubuh, masakan higienis darah serta melancarkan kencing. Masyarakat Eropa memanfaatkannya sebagai obat penyembuh penyakit lepra dan tuberkulosis. Khasiat vital lainnya yakni menguatkan saraf otak serta melancarkan sirkulasi darah pembuluh otak. Tumbuhan ini pun diyakini bisa mengatasi luka bakar, pengerasan hati dan bahkan menanggulangi tanda-tanda lupus.

Sekarang ini daun Antanan tak jarang juga dipergunakan untuk tonik otak dan saraf. Herba ini sanggup meningkatkan kemampuan ingatan dan sekaligus daya tahan tubuh. Konsentrasi unsur glikosida triterpenoida dan sejumlah mineral lain diketahui berperan untuk stamina badan dan kemampuan otak. Antanan pun bisa berperan dalam menyeimbangkan energi juga meredakan tanda-tanda depresi.
Berdasar studi klinis di negara India, herba ini bisa memperbaiki IQ dan kekuatan mental, dan juga mengatasi belum dewasa dengan sindrom lemah mental. Studi lain menunjukkan bahwa daun Antanan ini bisa mendongkrak kemampuan memori. Karena manfaat daun Antanan ini tumbuhan ini pun dijuluki "makanan otak".

Dari sejumlah materi aktif yang ditemukan pada daun Antanan antara lain mineral, vitamin B, vitamin C dan asam bebas namun senyawa penting yang dimilikinya ialah homogen steroid yang dinamakan triterpenoid glycoside. Triterpenoid mempunyai kemampuan menyembuhkan luka yang istimewa.
Tanaman yang sering juga dinamakan si daun mangkuk alasannya yaitu daunnya yang cekung layaknya mangkuk. Daun Antanan dikonsumsi dengan aneka macam cara, ada yang membuatnya sebagai urap atau sayur, Antanan pun bisa dibentuk sediaan kering dalam bentuk teh herba. Istimewanya lagi daun Antanan ini tak pahit sehingga belum dewasa pun akan suka.

Manfaat daun Antanan pun bisa diambil dalam bentuk minuman herba. Cara membuatnya, sediakan daun Antanan kering sekitar 10 g masak bersama 3 gelas air hingga mendidih. Supaya manis bisa dimasukkan sedikit gula batu. Untuk minuman penghangat boleh dituangkan susu. Sedangkan takaran untuk belum dewasa cukup 2,5 g daun Antanan saja.

LihatTutupKomentar