Cara Sholat Tahajud, Sholat Qiyamul Lail

Cara Sholat Tahajud, Sholat Qiyamul Lail - Apakah Anda sering mendengar istilah sholat lail atau sholat malam? Sholat malam yakni sholat yang dikerjakan pada malam hari. Salah satu sholat malam yakni sholat tahajud yang dikerjakan dalam kurun waktu selepas waktu isya hingga dengan menjelang subuh. Untuk melaksanakan sholat tahajud, sebaiknya kita mengetahui cara sholat tahajud sehingga kita bisa lebih menyerapi setiap gerakan dari sholat tahajud tersebut. Terlebih ketika Anda melakukannya pada waktu yang paling afdhol, Anda akan mencicipi perbedaan sholat tahajud dengan sholat lainnya.


 Apakah Anda sering mendengar istilah sholat lail atau sholat malam Cara Sholat Tahajud, Sholat Qiyamul Lail

Baca juga : Cara Sholat Jamak Yang Bisa Anda Lakukan


Sebagai salah satu sholat yang dikerjakan pada malam hari, kebanyakan dari kita masih malas untuk berdiri melaksanakan sholat malam. Tak heran bila sholat tahajud merupakan salah satu sholat yang masuk dalam kategori amalan yang paling baik. Saat makhluk lain masih berjibaku dengan kasur dan selimut yang hangat, kita berdiri di tengah malam untuk menunaikan sholat tahajud tentu saja merupakan sebuah perjuangan yang cukup besar. Tanpa kita sadari bahwa berdiri untuk menunaikan sholat tahajud tidak hanya akan mendapat ganjaran pahala, namun ganjaran kesehatan yang lebih baik.

Cara sholat tahajud hampir sama dengan sholat fardhu lainnya, yang membedakan hanya dalam bacaan niat saja. Anda bisa membaca niat untuk melaksanakan sholat tahajud sebanyak 2 rakaat sebab Allah Ta’ala. Sholat tahajud bisa Anda laksanakan minimal 2 rakaat dan tidak mempunyai batas maksimum. Batas maksimum sholat tahajud yakni sebanyak Anda bisa melakukannya. Lalu Anda bisa melaksanakan sholat tahajud layaknya sholat fardhu dan diakhiri dengan salam. Setelah salam, sebaiknya Anda jangan beranjak dulu dari sajadah Anda. Berlama-lamalah di sajdah Anda sembari membaca zikir dan sholawat atas nabi Muhammad SAW. 

Kemudian Anda bisa membaca doa-doa yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Anda bisa membaca doa sholat tahajud yang dilanjutkan dengan doa-doa lainnya. Waktu sholat tahajud yakni salah satu waktu dimana doa yang kita panjatkan besar kemungkinan di ijabah oleh Allah SWT. Tentu saja doa tersebut dikabulkan tidak dalam waktu yang instan. Namun, Allah SWT akan mengabulkan doa kita dengan balasan yang kita butuhkan bukan dengan apa yang kita inginkan. Anda bisa meminta apa saja pada Allah pada waktu makbulnya doa ini. 

Dengan mengetahui cara sholat tahajud, biar kita bisa menjadi Muslim yang lebih baik. Yang mengerjakan sholat tidak hanya sekedar sholat fardhu namun menambahnya dengan amalan lain menyerupai sholat tahajud yang mempunyai pahala yang cukup besar. Jika Anda ingin melaksanakan sholat tahajud malam ini, Anda bisa meniatkan diri ketika hendak tidur. Insya Allah Anda akan terbangun pada ketika malam hari. Selanjutnya yakni tekad Anda untuk berdiri di tengah malam untuk melaksanakan sholat tahajud. Semoga kita menjadi Muslim yang istiqomah dalam menunaikan perintah Allah SWT.
LihatTutupKomentar