Cara Sholat Jamak Yang Dapat Anda Lakukan

Cara Sholat Jamak - Anda niscaya pernah mendengar ihwal cara sholat jamak, bukan. Benar sekali, dalam Islam terdapat kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT dalam kita menjalankan ibadah kepadaNya. Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu pelaksanaan sholat jamak. Apakah itu sholat jamak? Bagi Anda yang belum mengetahuinya simaklah ini. Sholat jamak yakni sholat yang dilakukan dengan menggabungkan dua waktu yang berbeda dalam satu waktu. Akan tetapi, akomodasi ini tidaklah sanggup Anda lakukan dengan seenaknya. Terdapat persyaratan khusus yang harus Anda miliki apabila Anda hendak melaksanakan sholat jamak ini.

 Anda niscaya pernah mendengar ihwal cara sholat jamak Cara Sholat Jamak Yang Bisa Anda Lakukan

Baca juga : Tata Cara Sholat Taubat dan Manfaatnya


Adalah dengan bepergian dengan jarak minimal 81 kilometer dan juga ketika Anda berangkat matahari belumlah tergelincir. Yang artinya belum memasuki waktu dhuhur. Seperti yang telah disampaikan oleh Rasulullah bahwa hendaknya sanggup sholat jamak apabila bepergian ketika berangkat matahari belumlah tergelincir, dan apabila berangkat ketika sudah memasuki waktu dhuhur hendaknya melaksanakan sholat terlebih dahulu barulah berangkat. Selain itu juga Anda sanggup melaksanakan sholat jamak dengan menggabungkan sholat dhuhur dengan asar dan Maghrib dengan Isya saja. Adapun cara sholat jamak sanggup Anda ketahui dengan menyimak pembahasan di bawah ini.

1. Jamak takdim

Jamak takdim merupakan salah satu jenis sholat jamak yang sanggup Anda lakukan. Arti dari sholat jamak takdim ini yakni dengan menggabungkan dua sholat dalam waktu yang berbeda namun dilaksanakan pada dikala sholat waktu yang pertama. Seperti misalnya yakni dengan menggabungkan sholat dhuhur dengan asar, Anda melaksanakan sholat jamak ini pada dikala waktu sholat dhuhur, itulah yang disebut dengan jamak takdim. Adapun cara sholat jamak takdim yakni dengan membaca niat sholat jamak di waktu pertama kemudian Anda melaksanakan sholat dhuhur, sesudah itu disambung dengan sholat asar dengan mengucapkan niat sholat jamak takdim lagi. Lakukan sholat asar menyerupai biasa.

2. Jamak ta’khir

Jamak ta’khir merupakan sholat jamak yang dilakukan dengan cara menggabungkan dua waktu sholat namun waktu pelaksanaannya pada waktu sholat yang terakhir. Seperti misalnya yakni ketika Anda hendak menggabungkan sholat Maghrib dan Isya, namun Anda melaksanakan sholat tersebut pada waktu isya, itulah yang disebut dengan sholat jamak ta’khir. Adapun cara sholat jamak ta’khir yakni dengan membaca niat sholat jamak ta’khir kemudian Anda melaksanakan sholat Maghrib, kemudian disusul dengan sholat Isya dengan mengucapkan niat sholat jamak ta’khir kembali. 

Itulah beberapa cara sholat jamak yang sanggup Anda lakukan apabila Anda berada di dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan sholat tersebut pada waktunya. Namun perlu Anda perhatikan bahwa untuk sholat subuh, Anda tidak sanggup menggabungkannya dengan sholat apapun. Artinya Anda harus melaksanakan sholat ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Selebihnya Anda sanggup melaksanakan sholat jamak menyerupai dengan syarat dan ketentuan di atas tadi.
LihatTutupKomentar