Tata Cara Sholat Tahajud Dan Doanya Yang Benar

Tata Cara Sholat Tahajud dan Doanya - Sholat tahajud merupakan shalat malam yang bisa dilakukan dalam rentang waktu pukul 19.00 malam sampai pukul 22.00. Waktu ini disebut waktu pertama. Waktu kedua dilakukan pada rentang waktu 22.00 sampai pukul 01.00 dini hari. Waktu ketiga dilakukan pada rentang waktu pukul 01.00 sampai menjelang subuh. Cara sholat tahajud dan doanya juga serupa dengan sholat-sholat pada umumnya namun mempunyai perbedaan yang sangat mencolok yakni pada jumlah raka’at yang dipakai yakni cukup dua raka’at dengan satu kali Salam. 

 Sholat tahajud merupakan shalat malam yang bisa dilakukan dalam rentang waktu pukul  Tata Cara Sholat Tahajud dan Doanya Yang Benar

Baca juga : Bagaimana Tata Cara Sholat Dhuha 4 Raka’at

Jumlah raka’at dalam sholat tahajud minimal dua raka’at dengan dua kali salam dan sanggup maksimal sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuan. Hendaknya dalam sholat tahajud ini dilakukan dua raka’at dengan satu salam. Manfaat sholat tahajud ini antara lain sanggup terkabulnya doa-doa yang kita panjatkan, dimana Allah menjanjikan nirwana bagi orang-orang yang melaksanakan qiyamul lail. Serta yang terpenting yakni kelak akan mendapat daerah terpuji. Tentu hal ini akan menguntungkan orang-orang yang taat untuk rajin beribadah. Hal ini juga yang memacu semangat banyak orang untuk melaksanakan sholat tahajud.

Doa Dalam Sholat Tahajud

Cara sholat tahajud dan doanya yang dipakai untuk sholat tahajud tolong-menolong cukup gampang digunakan. Diawali dengan niat: Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Seperti halnya sholat sunat lainnya, dimana niatan ini sama sekali tidak disuarakan. Harus diucapkan di dalam hati saat membaca niatan ini. Setelah membaca niatan di dalam hati sanggup dilanjutkan dengan membaca takbir dengan kedua tangan diangkat ke atas. Setelah itu, lanjutkan dengan membaca doa Iftitah.
Cara Sholat tahajud dan doanya selanjutnya yakni membaca surat Al-Fatihah yang dilanjutkan dengan membaca surat pendek yang ada di dalam Al-Quran menyerupai surat Al-Ikhlas, Annas, Alfalaq serta yang lainnya. Setelah selesai membaca surat dari Al-Quran sanggup dilanjutkan dengan langkah sholat pada umumnya mulai dari ruku’, sujud sampai salam. Setelah salam sanggup dilanjutkan dengan membaca bacaan wirid, tasbih, takbir, sholawat sampai istighfar.

Tetapi kalau ingin melaksanakan doa dengan bahasa sendiri juga dibebaskan. Kekhusukan seseorang saat berdoa tentu berbeda satu dengan yang lain. Sebelum menuntaskan sholat tahajud, lebih baik membaca doa Istighfar minimal seratus kali. Kemudian sanggup dilanjutkan dengan membaca bacaan Tasbih sebanyak tiga puluh dua kali. Baru lalu membaca doa bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW sebanyak tiga puluh dua kali menyerupai saat membaca doa bacaan Tasbih. Baru ditutup dengan membaca doa setelah sholat tahajud. 

Cara sholat tahajud dan doanya yang terakhir yakni membacakan doa menyerupai allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. .................................................... wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah. 

Walaupun dibebaskan dalam bahasa yang dipakai saat melaksanakan doa setelah sholat tahajud menyerupai memakai kata-kata sendiri maupun Bahasa Indonesia, tentu saja akan lebih khusuk kalau dilakukan dengan memakai Bahasa Arab. Setelah selesai melaksanakan sholat tahajud sebaiknya melaksanakan membaca ayat-ayat suci Al-Quran untuk menunggu waktu datangnya sholat subuh. Ya, demikianlah cara sholat tahajud dan doanya dan supaya bermanfaat.
LihatTutupKomentar