Mengenal Banyak Sekali Cara Sholat Tahajud Dan Witir

Mengenal Berbagai Cara Sholat Tahajud dan Witir - Sebagai umat Islam, kita wajib melaksanakan ibadah sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Pada dasarnya sholat wajib yang harus dan wajib dilakukan yaitu sholat Isya, Subuh, Dhuhur, Asyar, dan Magrib. Yeah, dalam satu hari umat Islam wajib melaksanakan sholat 5 waktu. Mengapa disebut sholat wajib? Hal ini alasannya yaitu bila dilaksanakan akan menerima pahala dan bila ditinggalkan akan menerima dosa. Lalu, bagaimana dengan sholat sunnah? Sunnah berarti bila dilaksanakan akan menerima pahala dan bila ditinggalkan tidak akan menerima dosa. Ada banyak sholat sunnah yang sanggup dilakukan oleh umat Islam, antara lain sholat Tahajud, sholat Witir, sholat Dhuha, dan lain sebagainya. Anda harus mengetahui cara sholat Tahajud dan Witir, serta sholat sunnah lainnya.

Mengenal Berbagai Cara Sholat Tahajud dan Witir Mengenal Berbagai Cara Sholat Tahajud dan Witir

Baca juga : Belajar Cara Solat Hajat Paling Mudah

Memilih Cara Sholat Tahajud dan Witir

Sholat Tahajud dan sholat Witir merupakan sholat sunnah yang biasanya dilakukan beriringan. Sholat Tahajud atau juga disebut sebagai sholat Qiyamul Lail merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam. Sedangkan sholat Witir yaitu sholat penutup. Berbicara wacana sholat Witir, sholat ini dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil, antara lain 1, 3, 5, 7, dan seterusnya maksimal 11 rakaat.
Ada beberapa cara sholat Tahajud dan Witir, antara lain:

1. Sholat Tahajud dan sholat Witir 13 rakaat

Sholat 13 rakaat ini dilakukan dengan rincian 8 rakaat sholat Tahajud dan 5 rakaat sholat Witir. Sholat Tahajud 8 rakaat tersebut dilakukan 2 rakaat salam dan 2 rakaat salam. Dengan demikian sholat Tahajud dilakukan dalam 4 rakaat. Kemudian, untuk sholat Witir 5 rakaat dilakukan dalam satu kali salam. Jika dihitung total, maka jumlah salam sholat Tahajud dan sholat Witir 13 rakaat ini yaitu 5 kali salam.

2. Sholat Tahajud dan sholat Witir 11 rakaat

Sholat 11 rakaat ini dilakukan dengan rincian 10 rakaat sholat Tahajud dan 1 rakaat sholat Witir. Jumlah total salam dalam 11 rakaat ini yaitu 6 kali salam.

3. Sholat Tahajud dan sholat Witir 7 rakaat

Sholat Tahajud dan sholat Witir 7 rakaat ini dilakukan dengan cara sholat 6 rakaat, lalu tasyahhud. Setelah itu bangun kembali dan sholat 1 rakaat. Kemudian, duduk tasyahhud dan diakhiri dengan salam.

4. Sholat Tahajud dan sholat Witir 5 rakaat

Sholat Tahajud dan sholat Witir 5 rakaat ini dilakukan dengan cara melaksanakan sholat 5 rakaat lalu diakhiri dengan tasyahhud dan salam

5. Sholat Tahajud dan sholat Witir 3 rakaat

Sholat 3 rakaat ini dilakukan dengan rincian 2 rakaat sholat Tahajud dan 1 rakaat sholat Witir.
Itulah beberapa cara sholat Tahajud dan Witir. Anda sanggup menentukan salah satu cara untuk Anda aplikasikan. Semakin banyak rakaat Anda lakukan maka akan semakin baik. Namun, kunci sukses sholat yaitu terletak pada niat dan kekhusyu’annya.
LihatTutupKomentar