Menulis Pengumuman dan Menulis Resensi

Menulis Pengumuman

Pengumuman adalah surat yang disampaikan kepada umum, sekelompok khalayak tanpa harus diketahui siapa dan berapa jumlah pembacanya, dan siapapun berhak membaca, namun tidak semua pembaca itu berkepentingan.

Pengumuman dibuat untuk mengkomunikasikan dan menginformasikan suatu gagasan, pikiran kepada pihak lain. Pengumuman juga sering disebut pemberitahuan atau penyebaran informasi mengenai suatu hal atau kegiatan kepada khalayak umum.

Bagian pengumuman secara garis besar dibagi tiga yaitu:

1.    Kalimat pembuka atau pendahuluan adalah kata-kata atau kalimat yang digunakan untuk mengantarkan isi suatu pembicaraan melalui pengumuman.

 Kalimat pembuka atau pendahuluan berfungsi untuk mengantarkan isi pengumuman (pokok masalah) yang sesungguhnya agar si penerima mengetahui alasan surat tersebut dan menarik perhatian pembaca terhadat isi pokok pengumuman. Kalimat yang biasa dipakai dalam pendahuluan adalah : Dalam rangka .... Sehubungan dengan ....dsb.

2.    Isi
Bagian ini memuat segala sesuatu yang akan disampaikan penulis secara lengkap. Melalui isi pengumuman inilah si pembaca mengetahui semua maksud dan tujuan pengumuman itu.

3.    Kalimat Penutup
Kalimat penutup merupakan bagian akhir pengumuman, yang berfungsi sebagai kunci untuk mengakhiri isi pengumuman. Kata penutup dapat berisi kesimpulan, penegasan, permintaan maaf, haran atau lainnya.
Kalimat yang biasa dipakai dalam penutup adalah :
Pengertian Surat Dinas
LihatTutupKomentar