Tata Cara Sholat Taubat Dan Manfaatnya

Tata cara sholat taubat yang benar. Shalat taubat termasuk shalat sunnah, dimana pengerjaannya dapat dilaksanakan sebanyak 2,4 sampai 6 rakaat. Shalat ini dilaksanakan untuk memohon ampunan terhadap dosa-dosa yang pernah dilakukannya serta berjanji untuk tak mengulangi dosa atau kesalahannya lagi. Hukum pengerjaan sholat taubat ini yaitu sunnat Mu’akkad. Adapun maksudnya ialah sholat sunnat yang begitu dianjurkan dikerjakan bagi seseorang yang sudah melaksanakan maksiat atau dosa besar. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah sabda Rasulullah SWT yakni:


“Setiap mukmin yang pernah melaksanakan sebuah dosa, kemudian ia berwudhu secara sempurna, kemudian berdiri untuk mengerjakan sholat sunnah, kemudian memohon ampun hanya kepada Allah SWT, maka Allah pun akan mengampuninya.” (HR, Tarmidji, Imam Abu Dawud, Ibu Majah, Imam Thayalisi, dan Ahmad)

Manfaat Sholat Sunnah Taubat

Sholat sunnat taubat mempunyai manfaat, di antaranya untuk meminta ampunan terhadap segala dosa yang telah kita perbuat hanya kepada Allah SWT. Tentunya dengan harapan, bahwa Allah SWT telah mengampuni semua dosa-dosa yang telah kita perbuat tadi. Di samping itu, mengakibatkan peringatan untuk kita semoga tak mengulangi segala perbuatan dosa atau maksiat lagi.

Tata Cara Pengerjaan Sholat Taubat

Tata cara sholat taubat tak jauh berbeda dengan shalat sunnah yang lainnya, namun niat bacaan sholatlah yang berbeda. Adapun niat dari sholat sunnah Taubat ini yaitu:
“Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillaahi Ta’alaa.” Yang artinya: hamba berniat sholat Taubat sebanyak 2 rakaat hanya alasannya ialah Allah Ta’ala.

Doa Sesudah Sholat Sunnat Taubat

Sesudah sholat sunat Taubat, dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar dan dzikir pada Allah SWT dengan penuh rasa penyesalan yang begitu mendalam serta tak ingin mengulangi segala perbuatan maksiat atau dosa tersebut lag. Adapun bacaan sholat taubat ialah sebagai berikut:
“Astaghfirullaahal adzhiim al ladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaihi taubata ‘abdin zhaalimin laa yamliku li nafsihi dharran wa laa nafan wa laa mautan wa laa hayaa tan wa laa nusyuuraa.” 

Artinya yaitu “Aku memohon ampunan hanya kepada Allah SWT, dan mengaku bahwa tak ada Tuhan selain Allah, Dimana Tuhan yang selalu hidup. Aku juga meminta taubat hanya kepada-Nya, sebagai taubatnya hamba yang telah melaksanakan banyak dosa, dan tak mempunyai kekuatan berbuat manfaat ataupun mudharat, untuk hidup maupun mati atau untuk bangun kembali nanti.”

Dengan melaksanakan sholat taubat, kita berharap semoga Allah SWT dapat mengampuni segala dosa kita yang telah lalu. Jika kita sudah melaksanakan sholat taubat, tentu perasaan pun menjadi lebih tenang, hati lebih tentram dan tak ada lagi rasa gelisah serta perasaan bersalah yang menghantui. Semoga ulasan mengenai tata cara sholat taubat ini bermanfaat untuk Anda!
LihatTutupKomentar