Tata Cara Sholat Tahajud, Amalan Sunnah Qiyamul Lail

Tata Cara Sholat Tahajud, Amalan Sunnah Qiyamul Lail - Sholat merupakan salah satu aliran Islam yang wajib untuk dikerjakan. Sholat fardhu 5 kali dalam sehari merupakan salah satu rukun Islam dimana setiap umat Islam wajib untuk mengerjakannya. Namun, selain sholat fardhu ada amalan lain yang sebaiknya dikerjakan untuk menambah iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Salah satu amalan yang sangat baik untuk dikerjakan secara rutin ialah sholat tahajud. Tata cara sholat tahajud ini dilakukan sebaiknya pada malam hari atau pada waktu sepertiga malam. Dimana ketika makhluk lain sedang terlelap tidur, kita terbangun untuk menunaikan sholat tahajud, pahala yang akan kita dapatkan akan jauh lebih besar.

 Sholat merupakan salah satu aliran Islam yang wajib untuk dikerjakan Tata Cara Sholat Tahajud, Amalan Sunnah Qiyamul Lail

Baca juga : Tata Cara Sholat Dhuha Untuk Dibukanya Pintu Rezeki


Sholat tahajud merupakan salah satu dari sholat lail atau sholat malam yang dilaksanakan mulai dari waktu Isya hingga dengan waktu menjelang Subuh. Untuk mengerjakan sholat ini alangkah baiknya pada dikala sepertiga malam yaitu antara kira-kira pukul 2 pagi hingga dengan menjelang subuh. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan rutin melaksanakan sholat tahajud ini. Selain kita mendapat pahala dari Allah SWT, banyak penelitian yang menyatakan bahwa melaksanakan sholat tahajud akan berimbas pada kesehatan yang lebih baik. Selain itu, pikiran akan jauh lebih damai alasannya ialah kondisi malam yang sepi menyebabkan pikiran menjadi lebih fresh.

Untuk mengerjakan sholat tahajud ada beberapa tata cara yang perlu diperhatikan. Sebaiknya untuk mengerjakan sholat ini ialah pada dikala lepas berdiri tidur. Adapun tata cara sholat tahajud diantaranya adalah:

1. Niat

Sebelum melaksanakan sholat tahajud yang paling penting dilakukan ialah memasang niat. Anda bisa memasang niat dengan memakai bahasa Indonesia atau dengan bahasa Arab bila Anda hapal. Niatkanlah bahwa Anda sengaja mengerjakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat alasannya ialah Allah Ta’ala.

2. Membaca surat Al Fatihah

Membaca surat Al Fatihah ialah salah satu rukun sholat dan merupakan bacaan wajib sholat. Jika dalam sholat tidak membaca surat Al Fatihah, maka sholat yang dikerjakan menjadi tidak sah.

3. Membaca surat pendek

Lalu, Anda bisa melanjutkan dengan membaca surat pendek yang Anda hapal. Baik untuk rakaat pertama maupun untuk rakaat kedua.

4. Salam

Setelah Anda menuntaskan dua rakaat sholat tahajud Anda bisa mengakhirinya dengan salam.

5. Membaca doa

Jangan segera beranjak dari sajadah Anda, berzikirlah terlebih dahulu dan bacalah doa sholat tahajud. Doa dalam sholat tahajud merupakan salah satu waktu yang apabila kita berdoa akan diijabah oleh Allah SWT.

Untuk mengerjakan sholat tahajud ini tidak ada batas maksimal berapa rakaat kita melakukannya. Minimal jumlah rakaat sholat tahajud ialah 2 rakaat dan batas maksimal ialah seberapa bisa kita melaksanakan sholat ini. Demikianlah tata cara sholat tahajud yang perlu kita ketahui, dan yuk kita mulai rutin mengerjakan sholat ini.
LihatTutupKomentar