Tata Cara Sholat Mayat Bab Dari Penyelenggaraan Jenazah

Tata Cara Sholat Jenazah - Kelahiran dan tamat hidup ialah hal yang misteri dalam kehidupan umat manusia. Tidak ada yang tahu kapan seorang bayi akan lahir, dan tidak ada pula yang tahu kapan kita akan dipanggil oleh Allah untuk menghadapNya. Setiap makhluk yang bernyawa niscaya akan menemui kematian, namun dengan cara apa dan bagaimana serta kapan akan selalu menjadi belahan misteri kehidupan manusia. Untuk itulah Allah telah mengajarkan kepada umat insan bagaimana tata cara dalam penyelenggaraan jenazah. Termasuk tata cara sholat mayat yang merupakan rangkaian penyelenggaraan jenazah. 


 Kelahiran dan tamat hidup ialah hal yang misteri dalam kehidupan umat insan Tata Cara Sholat Jenazah Bagian Dari Penyelenggaraan Jenazah

Baca juga : Ikutilah Tata Cara Sholat Hajat Jika Anda Ada Keinginan


Sholat mayat berbeda dengan sholat lainnya, alasannya di dalam sholat mayat tidak melaksanakan gerakan sholat lain menyerupai ruku’, i’tidal, sujud dan duduk diantara dua sujud. Bacaan sholat mayat juga berbeda dengan bacaan sholat lainnya. Sholat mayat ini mempunyai aturan fardhu kifayah yang mempunyai arti apabila sholat mayat ini tidak dijalankan, maka semua orang akan menanggung dosa akhir tidak dijalankannya sholat mayat tersebut. Untuk itulah, apabila ada orang yang meninggal maka fardhu kifayah bagi kita untuk melaksanakan semua rangkaian penyelenggaraan sholat jenazah. 

Adapun tata cara sholat mayat yang perlu kita ketahui antara lain adalah:

1. Niat

Pertama sekali yang perlu kita lakukan dalam menjalankan semua sholat ialah niat. Antara satu sholat dengan sholat lainnya mempunyai niat yang berbeda begitu juga dengan sholat jenazah. Maka untuk mengawali sholat mayat ialah mengucapkan niat terlebih dahulu.

2. Berdiri bila mampu

Sholat mayat dilaksanakan dalam keadaan berdiri, maka bangun ialah termasuk ke dalam rukun sholat jenazah. Berdiri bila bisa dilakukan oleh orang yang bukan uzur dan tidak dilakukan dalam keadaan duduk yang menimbulkan sholat menjadi tidak sah.

3. Takbir sebanyak 4 kali

Yang membedakan sholat mayat dengan sholat lain ialah jumlah takbir yang berbeda yaitu sebanyak 4 kali. Setiap takbir mempunyai bacaan yang berbeda. Takbir pertama membaca surat Al Fatihah, takbir kedua membaca sholawat pada Nabi Muhammad SAW, takbir ketiga ialah membaca doa untuk jenazah. Dan pada takbir keempat ialah membaca doa untuk orang yang ditinggalkan.

4. Salam

Setelah mengerjakan takbir sebanyak 4 kali kemudian pribadi diakhiri dengan salam ke kanan dan ke kiri.
Untuk pembacaan doa kepada mayit juga mempunyai perbedaan antara mayit pria dengan mayit perempuan. Bacaan atau lafadz “hu” ditujukan untuk mayit pria dan untuk mayit wanita lafadz diganti dengan “ha”. Demikianlah tata cara sholat jenazah yang perlu kita ketahui. Sebaiknya bila kita mendengar gosip tamat hidup selain mengucapkan innalillahhi wa inna ilaihi roji’un, sebaiknya kita juga turut serta untuk menyelenggarakan mayat sebagai salah satu ladang ibadah kita pada Allah SWT. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua, dan menimbulkan kita pribadi yang lebih baik dalam membawa bekal tabungan amal di alam abadi kelak.
LihatTutupKomentar