Panduan Lengkap Dan Tata Cara Shalat Witir

Panduan lengkap dan tata cara shalat witir. Sholat witir yaitu sholat sunnah dimana jumlah rakaat pengerjaannya sebanyak 1, 2, 3, 5, 7 sampai 11 rakaat dan dikerjakan setelah sholat isya sampai terbitnya fajar maupun masuk sholat subuh. Hukum mengerjakan sholat witir ini sendiri yaitu sunnah namun sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan, alasannya yaitu Allah SWT begitu menyukai sholat witir. Hal ini menurut hadist yang menyatakan bahwa “Wahai orang-orang mukmin, laksanakanlah sholat witir lantaran Allah SWT yaitu tunggal, maka Ia pun begitu menyukai bilangan pada sholat witir.”

Panduan lengkap dan tata cara shalat witir Panduan Lengkap dan Tata Cara Shalat Witir

Baca juga : Cara Sholat Yang Benar dan Sah

Sementara tata cara shalat witir sendiri sanggup dijalankan untuk minimal jumlah rakaat sebanyak 1 sedangkan rakaat maksimal sebanyak 11 rakaat. Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan sholat witir dengan rakaat melebihi sebanyak 11 rakaat, cara pengerjaan sholat witir tersebut sanggup berjumlah 2 rakaat memakai 1 salam. Lalu, bila di bulan suci Ramadhan sendiri, kita disunahkan menjalankan sholat witir di rakaat terakhir yaitu setelah itidal, serta umumnya dilakukan sebanyak 1-2 rakaat tergantung pada imam sholat ketika tarawih.

A. Keutamaan Sholat Witir

Manfaat dan keutamaan dari sholat witir sendiri untuk orang yang menjalankannya yaitu untuk memperoleh pahala begitu besar hanya lantaran Allah Ta’ala yang begitu menyayangi witir serta menyayangi bilangan ganjil. Di samping itu, dijelaskan pula dalam hadist yang disabdakan Rasulullah SAW “Sebenarnya Allah SWT sudah menambahkan kalian 1 sholat, dimana sholat tersebut lebih baik bagi dirimu dibandingkan unta merah, yaitu sholat witir.” Dengan keistimewaan dan keutamaan dari sholat witir tersebut, tentu lebih baik kalau kita melaksanakan sholat ini.

B. Tata Cara Sholat Witir

Tata cara shalat witir sendiri gotong royong sama ibarat sholat pada umumnya. Seperti kita ketahui, waktu pengerjaan sholat witir sendiri dilakukan setelah sholat isya sampai terbit fajar, dan umumnya dirangkaikan ke dalam sholat tarawih. Adapun bilangan rakaatnya sendiri sebanyak 1 rakaat, 3 rakaat, 5, 7, 9 sampai 11 rakaat. Jika sholat witir yang dikerjakan banyak maka sanggup dikerjakan 2 rakaat dengan 1 salam, kemudian terakhir 1 rakaat memakai 1 salam. Adapun jumlah 11 rakaat dari sholat witir sendiri sudah cukup. Hal tersebut inilah yang telah dilakukan Rasulullah SAW. Hal ini sesuai dengan hadist yang telah dinyatakan Aisyah ra, dimana artinya:
“Nabi Muhammad SAW tak pernah melaksanakan sholat malam (witir) sampai melebihi sebanyak 11 rakaat.”
Biasanya witir dilakukan dikala bulan Ramadhan. Sementara setelah tanggal 15 bulan Ramadhan sendiri, disunnahkan di rakaat terakhir witir, setelah i’tidal di rakaat terakhir maka disunnahkan untuk membaca doa qunut. Selanjutnya Anda sanggup menjalankan tata cara shalat witir ibarat sholat biasanya sampai salam.
LihatTutupKomentar