Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaannya

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tahajud - Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah paling diutamakan dalam Islam. Beberapa shalat sunnah yang dianggap paling afdhol atau utama yaitu shalat dhuha, tahajud, idain, dan banyak yang lain. Selain dilaksanakan pada malam hari adakah tata cara sholat tahajud dan bacaannya yang dikhususkan? Mari kita cermati bersama dalam artikel kali ini. Karena tanpa tahu tata cara yang tepat, melaksanakan shalat sunnah sanggup jadi justru membingungkan Anda sendiri. 

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tahajud Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya

Baca juga : Cara Solat Taubat Nasuha Praktis Dan Berkah


Sebelum itu, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan antara shalat hajat dengan shalat tahajud? Dalam Islam terdapat dua jenis shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari yaitu shalat hajat dan shalat tahajud. Dilihat dari tata cara pelaksanaannya, tata cara sholat tahajud dan bacaannya sama dengan tata cara dan bacaan shalat hajat. Namun dalam pedoman Islam, shalat hajat yaitu shalat malam yang dilakukan sebelum tertidur, sementara shalat tahajud yaitu shalat malam yang dilakukan sesudah seseorang terbangun dari tidur. 

Jadi, yang perlu diingat dari tata cara sholat tahajud dan bacaannya yaitu jangan hingga Anda terkecoh apalagi salah niat ketika ingin mendirikan shalat malam, ya! Kesalahan niat sanggup menyebabkan rasa ragu di hati ketika mendirikan shalat. Padahal salah satu hal yang membatalkan shalat yaitu rasa ragu mulai dari niat. Meskipun Anda melaksanakan shalat hingga salam, namun jikalau rasa ragu membayangi perasaan ataupun pikiran Anda sepanjang shalat, maka dianggap tidak sah. 

Tata cara sholat tahajud dan bacaannya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan shalat sunnah yang lain. Anda hanya perlu mengganti niat lalu melaksanakan shalat tahajud dengan yakin dan khusyuk. Adapun batas rakaat shalat tahajud sanggup dibilang tidak terbatas. Minimal rakaat shalat tahajud dua rakaat dalam satu kali salam. Anda sanggup mengulangi dua rakaat tahajud dalam satu kali salam tersebut hingga pagi atau hingga tubuh Anda merasa lelah dan kembali mengantuk. Lalu, bagaimanakah jikalau Anda mencicipi kembali kantuk sesudah melaksanakan tahajud, tetap terjaga menanti subuh atau justru tidur lagi?

Meskipun utama, namun dibandingkan dengan menahan diri dari rasa kantuk yang sanggup mengganggu pelaksanaan shalat sebaiknya Anda kembali merebahkan diri untuk tidur sejenak menjelang subuh. Anda juga harus tahu jikalau tidur dan do’a diantara sesudah shalat tahajud dan menjelang shalat subuh yaitu utama dan penuh barakah. Jadi, meskipun hanya tertidur sejenak, namun tetap saja Anda mendapat pahala menanti datangnya subuh.

Tata cara sholat tahajud dan bacaannya ternyata sangat mudah, bukan? Jika Anda sudah terbiasa melaksanakan shalat sunnah rawatib sebetulnya shalat tahajud tidak berbeda dri segi pelaksanaan dibandingkan shalat sunnah rawatib. Salah satu shalat sunnah yang membutuhkan tata cara khusus yaitu shalat dhuha. Shalat dhuha membutuhkan bacaan-bacaan khusus yang harus dihafalkan. Ya, bacaan dalam shalat dhuha yaitu terbatas pada surah Ad-Dhuha dan Asy-Syams saja.
LihatTutupKomentar