Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Gampang Dilakukan

Cara Sholat Taubat Nasuha - Manusia memang tidak lepas dari salah dan dosa. Meski demikian, Allah tetap membuka jalan bagi insan untuk bertaubat. Tidak ada dosa yang tidak diampuni oleh Allah kecuali dosa syirik. Meski demikian, untuk mendapat ampunan dari Allah, insan harus benar-benar bertaubat dan berjanji tidak akan melaksanakan kesalahan tersebut lagi. Taubat yang benar-benar taubat juga biasa disebut dengan taubat Nasuha. Untuk melaksanakan taubat Nasuha ini, insan harus melaksanakan sholat Taubat Nasuha. Bagaimana cara sholat Taubat Nasuha? Ada beberapa orang yang masih belum tahu cara melaksanakan sholat taubat Nasuha tersebut.


 Manusia memang tidak lepas dari salah dan dosa Cara Sholat Taubat Nasuha yang Praktis Dilakukan

Baca juga : Petunjuk dan Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya

Cara Sholat Taubat Nasuha Paling Mudah

Sholat Taubat Nasuha merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan bagi setiap umat Islam. Sholat sunnah ini sanggup dilakukan maksimal 6 rakaat, 2 rakaat salam. Saat melaksanakan sholat Taubat Nasuha ini, Anda akan merasa bahwa seluruh jiwa dan raga hanyalah milik Allah. Semua dosa-dosa yang telah dilakukan menyerupai nampak di depan mata dan menjadi bayang-bayang gelap dalam hidup. Sholat sunnah ini akan menjadi momen terbaik untuk bermuhasabah minta pengampunan Allah atas segala dosa masa kemudian yang telah dilakukan.

Kapan sebaiknya melaksanakan sholat Taubat Nasuha? Pada dasarnya, sholat sunnah ini sanggup dilakukan kapan saja. Namun, Anda tetap harus menghindari waktu-waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat, antara lain pada dikala matahari berada di tengah sampai matahari tergelincir di barat, pada dikala matahari menguning sampai matahari tenggelam, pada dikala sesudah sholat Ashar sampai matahari menguning, dan pada dikala sesudah sholat Subuh sampai matahari terbit,

Cara sholat Taubat Nasuha ini dimulai dengan membaca niat sholat Taubat Nasuha

“Ushalli Sunnatat Taubati Rak’ataini Lillaahi Ta’aalaa,”
Arti dari niat sholat Taubat Nasuha tersebut yakni “Aku niat sholat Taubat dua rakaat alasannya yakni Allah Ta’ala.”
Kemudian, sesudah membaca niat tersebut Anda sanggup melanjutkan dengan melaksanakan tahap-tahapan sholat sama menyerupai sholat wajib. Namun, untuk bacaan surat pendeknya, pada rakaat pertama Anda disunnahkan untuk membaca surat Al Kafirun. Kemudian, pada rakaat yang kedua Anda disunnahkan untuk membaca surat Al Ikhlas. 
Setelah selesai melaksanakan sholat Taubat Nasuha, Anda harus membaca bacaan Istighfar sebanyak-banyaknya. Selain itu, Anda juga sanggup menambah bacaan Istighfar tersebut dengan bacaan Sholawat Nabi. Bacaan Istighfar tersebut yakni “Astaghfirullahal’ azhiim. Al ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu wa atubuu ilaih. Taubata ‘abdin zhaalimin laa yamliku linafsihi dharraw walaa naf’an walaa mautan walaa hayaatan wala nusyuuran.”

Cara sholat Taubat Nasuha yang terakhir yakni membaca doa sholat Taubat, yang berbunyi “Bismillaahir rahmaanir rahiim. Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtani wa ana ‘abduka waana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastath’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alay yaw a abuu-u bidzanbii faghfirlii fa innahuu laa yagh firudz dzunuuba illa anta. Rabbanaa aatinaa fid dun yaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa’adzaaban naar. Wal hamdu lillaahi rabbil ‘alamiin”.
LihatTutupKomentar