Bagaimana Cara Sholat Sunat Tahajud Yang Benar?

Cara Sholat Sunat Tahajud Yang Benar - Sebelum membahas cara sholat sunat tahajud, sebaiknya kita perlu mengetahui apa itu sholat sunat tahajud terlebih dahulu. Arti dari Sholat Sunat Tahajud yaitu sholat sunah yang dilakukan pada malam hari selepas berdiri tidur dan hingga memasuki waktu sholat subuh. Jumlah raka’at yang dipakai minimal 2 raka’at dan tidak mempunyai keterbatasan maksimal pada masing-masing raka’at dimana raka’at kedua diakhiri dengan Salam. Jika dilakukan sebelum tidur, sholat ini tidak sanggup dikatakan sholat sunat tahajud tetapi hanya ibarat sholat sunah dan bukan sholat sunat tahajud. 

 Sebelum membahas cara sholat sunat tahajud Bagaimana Cara Sholat Sunat Tahajud Yang Benar?

Baca juga : Cara Sholat Dhuha 4 Raka’at Bagi Umat Muslim

Waktu Sholat Sunat Tahajud sebaiknya dilakukan pada dikala tengah malam hingga waktu Subuh. Kenapa? Karena waktu tersebut yaitu waktu yang paling sempurna untuk melaksanakan Sholat Sunat Tahajud ini. Cara sholat sunat tahajud dilakukan pada waktu yang sudah ditentukan tentu akan mendapat berkah tersendiri. Dan waktu sholat sunah tahajud ini dibagi menjadi tiga waktu yakni antara pukul 19.00 malam hingga dengan pukul 22.00 ini disebut waktu dikala utama atau waktu sepertiga pertama. Waktu sepertiga kedua dilakukan pada pukul 22.00 malam hingga pukul 01.00 pagi, waktu ini dikala yang lebih utama. Waktu sepertiga ketiga dimulai dari pukul 01.00 pagi hingga sebelum masuk waktu subuh, dimana waktu ini yaitu waktu yang paling sempurna untuk melaksanakan sholat sunat tahajud.

Kenapa Harus Melakukan Sholat Sunat Tahajud?

Pertanyaan itu tentu sering didengar oleh sebagian orang yang masih jarang melaksanakan sholat sunat tahajud. Seringkali tanggapan untuk menjawab pertanyaan itu juga cukup standar ibarat terhindar dari ancaman dan akan mendapat pertolongan dari Allah. Tetapi tidak hanya itu saja. Jika seseorang melaksanakan cara sholat sunat tahajud dengan benar, tentu akan menghasilkan laba tersendiri. 

Lalu, apa manfaatnya dari sholat sunat tahajud? Banyak keuntungannya. Yang paling utama yaitu sebagai media untuk mendekatkan diri seseorang kepada Allah. Kemudian ketika kita sedang melaksanakan sholat sunat tahajud, doa yang kita panjatkan atau harapan kita akan dikabulkan. Dan yang terpenting yaitu segala dosa yang dilakukan akan mendapat ampunan ketika melaksanakan sholat sunat tahajud dengan benar. Tentu saja supaya segalanya berjalan dengan lancar, cara sholat sunat tahajud harus dilakukan dengan benar. 

Cara sholat sunat tahajud yang benar harus dilakukan bagaimana? Sholat sunat tahajud diawali dengan Bacaan Niat Sholat. Hal itu penting dilakukan supaya tujuan ketika sholat sunat tahajud sanggup berjalan dengan khusuk tanpa ada gangguan dan tujuan-tujuan atau harapan yang akan didoakan supaya sanggup terkabul. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah. Setelah membaca Surat Al-Fatihah kemudian sanggup dilanjutkan Membaca Suratan, kemudian Ruku, kemudian i’tidal dan sanggup dilanjutkan Sujud. Akhiri dengan Salam. Tetapi sesudah melaksanakan sholat sunat tahajud ini sebaiknya Anda tidak kembali melanjutkan tidur tetapi membaca Suratan untuk menunggu datangnya waktu Subuh.
LihatTutupKomentar