Potensi Dan Manfaat Daun Saga

Daun Saga ialah tumbuhan liar yang sering dijumpai di hutan atau area persawahan. Sering juga tumbuhan ini ditanam di pekarangan rumah sebagai bab dari apotik hidup. Tanaman Saga menghasilkan biji yang ibarat kacang polong. Dan menariknya daun Saga rasanya bagus yang membedakan dengan daun lainnya. Manfaat daun Saga sudah dikenal semenjak dulu sebagai materi pengobatan tradisional. Berikut berbagai
manfaat daun Saga untuk kesehatan :
 ialah tumbuhan liar yang sering dijumpai di hutan atau area persawahan Potensi dan Manfaat Daun Saga

1. Menyembuhkan sariawan
Sediakan daun Saga segar secukupnya. Biarkan di kawasan panas semoga agak layu gres lalu dicuci bersih. Kunyah-kunyah daun Saga sampai lumat dan gunakan untuk berkumur.

2. Menyembuhkan amandel
Siapkan daun Saga ditambah akarnya, cuci. Bersama dengan gula batu, kayu bagus dan 4 gelas air rebus sampai mendidih sampai menyisakan sekitar 2 gelas saja. Dinginkan terlebih dulu gres lalu disaring dan airnya diminum. Dosis minum ialah setengah gelas sekali minum dengan frekuensi 2 kali sehari.

3. Menyembuhkan panas dalam
Siapkan 15 tangkai daun Saga, basuh dan rebus bersama 2 gelas air sampai tersisa setengahnya saja. Minum ramuan ini untuk sekali minum setengah gelas dua kali sehari.

Daun Saga kaya akan antioksidan yang berupa senyawa diosmetin, apigenin dan luteolin. Zat gizi penting mirip vitamin K juga terdapat di dalamnya. Selain mengobati ketiga keluhan di atas, manfaat daun Saga juga sanggup untuk :

1. Mengobati penyakit Alzheimer
Konsumsi daun Saga sanggup membantu meningkatkan memori dan kerja otak bagi mereka yang menderita penyakit Alzheimer ringan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Pharmacy and Therapy menyimpulkan bahwa daun Saga sanggup membantu mengurangi keluhan pasien meski butuh penelitian lebih lanjut.

2. Meningkatkan memori
Konsumsi 50 micro liter minyak esensial yang dibentuk dari daun Saga secara signifikan sanggup meningkatkan memori partisipan yang terlibat sebagai obyek penelitian.

3. Anti-inflamasi
Para peneliti di University of Vienna, Austria menerbitkan sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology menyatakan bahwa daun Saga mempunyai sifat anti-inflamasi yang kuat.

4. Membantu pasien diabetes tipe 2
Tim peneliti di Institut Penelitian Tanaman Obat di Iran menemukan bahwa ekstrak daun Saga mempunyai anti-hiperglikemia dan meningkatkan pengaruh hiperlipidemia pasien diabetes tipe 2. Dengan kata lain, manfaat daun Saga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada pasien diabetes tipe 2.

Potensi manfaat lain daun Saga antara lain ialah : mengurangi sakit perut, mencegah sakit kepala berulang yang menyakitkan, mengobati asma, mengobati diare dan mengurangi keringat berlebih. Mengingat begitu banyak manfaat yang sanggup diberikan oleh daun Saga maka tidak hiperbola jikalau tumbuhan ini banyak direkomendasikan untuk ditanam sebagai bab dari tumbuhan apotik hidup.

LihatTutupKomentar