Hallo Agan...Apakah rumah kalian bersahabat pasar? Pernahkah kalian pergi ke pasar? Tentunya
pasar bukan merupakan hal gres bagi kalian. Di antara kalian mungkin pernah ke pasar.
Akan tetapi, banyak hal yang belum tentu kalian ketahui wacana pasar. Secara umum di pasar terdapat banyak penjual dan pembeli, serta barang atau jasa yang diperjualbelikan.
Penjual banyak menyediakan barang seperti sayur-sayuran, buah-buahan, beras, daging, alat-alat rumah tangga, dan pakaian. Di pasar kalian dapat membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan kita dari kaos kaki hingga topi. Lalu timbul pertanyaan, “Apakah pasar itu?”
Semula, pasar merupakan suatu daerah di mana para penjual dan pembeli sanggup bertemu untuk melaksanakan jual beli barang. Penjual menawarkan barang dagangannya dengan impian sanggup laku terjual dan memperoleh uang sebagai gantinya. Adapun para konsumen (pembeli) akan tiba ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar sejumlah barang yang dibelinya.
Penjual dan pembeli akan melaksanakan tawar-menawar harga hingga terjadi komitmen harga. Setelah komitmen harga sanggup dilakukan, barang akan berpindah dari tangan penjual ke tangan pembeli. Pembeli akan mendapatkan barang dan penjual akan mendapatkan uang. Hal ini merupakan pengertian pasar secara konkrit, artinya pengertian pasar dalam kehidupan sehari-hari, yaitu daerah orang-orang bertemu untuk melaksanakan suatu transaksi jual beli barang.
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pasar tidak hanya terbatas pada pertemuan antara penjual dan pembeli, tetapi memiliki arti yang lebih luas. Transaksi jual beli tidak lagi hanya dilakukan di pasar tetapi sanggup di toko, kios, sentra perbelanjaan, supermarket, mall, dan lain sebagainya. Barang yang dibutuhkannya pun dapat juga dipesan melalui Toko Online, Internet, telepon dan surat atau e-mail, sehingga pertemuan antara penjual dan pembeli untuk jual beli barang tidak lagi terbatas pada suatu daerah tertentu saja.
Oleh alasannya ialah itu, pasar merupakan suatu pertemuan antara orang yang mau menjual dan
orang yang mau membeli suatu barang atau jasa tertentu dengan harga tertentu pula. Pengertian tersebut merupakan pengertian pasar berdasarkan ilmu ekonomi (abstrak).
Berdasarkan pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa sebuah pasar sanggup terjadi bila terdapat syarat-syarat berikut ini.
1. Adanya penjual dan pembeli.
2. Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan.
3. Adanya interaksi antara penjual dan pembeli (transaksi jual beli).
4. Adanya media atau daerah untuk interaksi penjual dan pembeli.
Sekarang udah taukan pengertian pasar.
pasar bukan merupakan hal gres bagi kalian. Di antara kalian mungkin pernah ke pasar.
Akan tetapi, banyak hal yang belum tentu kalian ketahui wacana pasar. Secara umum di pasar terdapat banyak penjual dan pembeli, serta barang atau jasa yang diperjualbelikan.
Penjual banyak menyediakan barang seperti sayur-sayuran, buah-buahan, beras, daging, alat-alat rumah tangga, dan pakaian. Di pasar kalian dapat membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan kita dari kaos kaki hingga topi. Lalu timbul pertanyaan, “Apakah pasar itu?”
Semula, pasar merupakan suatu daerah di mana para penjual dan pembeli sanggup bertemu untuk melaksanakan jual beli barang. Penjual menawarkan barang dagangannya dengan impian sanggup laku terjual dan memperoleh uang sebagai gantinya. Adapun para konsumen (pembeli) akan tiba ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar sejumlah barang yang dibelinya.
Penjual dan pembeli akan melaksanakan tawar-menawar harga hingga terjadi komitmen harga. Setelah komitmen harga sanggup dilakukan, barang akan berpindah dari tangan penjual ke tangan pembeli. Pembeli akan mendapatkan barang dan penjual akan mendapatkan uang. Hal ini merupakan pengertian pasar secara konkrit, artinya pengertian pasar dalam kehidupan sehari-hari, yaitu daerah orang-orang bertemu untuk melaksanakan suatu transaksi jual beli barang.
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pasar tidak hanya terbatas pada pertemuan antara penjual dan pembeli, tetapi memiliki arti yang lebih luas. Transaksi jual beli tidak lagi hanya dilakukan di pasar tetapi sanggup di toko, kios, sentra perbelanjaan, supermarket, mall, dan lain sebagainya. Barang yang dibutuhkannya pun dapat juga dipesan melalui Toko Online, Internet, telepon dan surat atau e-mail, sehingga pertemuan antara penjual dan pembeli untuk jual beli barang tidak lagi terbatas pada suatu daerah tertentu saja.
Oleh alasannya ialah itu, pasar merupakan suatu pertemuan antara orang yang mau menjual dan
orang yang mau membeli suatu barang atau jasa tertentu dengan harga tertentu pula. Pengertian tersebut merupakan pengertian pasar berdasarkan ilmu ekonomi (abstrak).
Berdasarkan pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa sebuah pasar sanggup terjadi bila terdapat syarat-syarat berikut ini.
1. Adanya penjual dan pembeli.
2. Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan.
3. Adanya interaksi antara penjual dan pembeli (transaksi jual beli).
4. Adanya media atau daerah untuk interaksi penjual dan pembeli.
Sekarang udah taukan pengertian pasar.