Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya|Secara Umum, Pengertian Manajemen Pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan semoga tercapainya sasaran atau tujuan perusahaan. Sedangkan secara sederhana, Pengertian administrasi pemasaran ialah berusaha untuk mengidentifikasi apa yang diperlukan oleh konsmen dan cara pemenuhannya sanggup diwujudkan.
Untuk sanggup mengidentifikasi apa yang diperlukan konsumen, maka pebisnis perlu melaksanakan riset pemasaran, diantaranya berupa survei ihwal impian konsumen, sehingga pebisnis bisa mendapatkan informasi mengenai apa yang sesungghnya diperlukan oleh konsumen. Konsep Pemasaran adalah syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Informasi mengenai kebutuhan konsumen ini lalu diteruskan ke bab produksi untuk sanggup diwujudkan. Setelah output produk terwujud, maka manajemen pemasaran lalu juga melaksanakan kegiatan dalam proses penyampaian produk kepada konsumen. Untuk perkara bisnis sablon, yang termasuk di dalam kegiatan administrasi pemasaran ialah di antaranya melaksanakan identifikasi jenis sablon apa yang sedang diminati oleh konsumen, apakah sudah ada pebisnis sablon yang memenuhi minat tersebut, berapa kemampuan daya belinya, bagaimana semoga perusahaan kita atau bisnis kita sanggup menjawab impian dan minat konsumen tersebut, termasuk dalam kegiatan ini ialah proses menjual (selling) akan produk yang sudah dihasilkan tadi.
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Philip Kotler/Amstrong (2002:14): Pengertian administrasi pemasaran berdasarkan philip kotler bahwa administrasi pemasaran ialah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas kegiatan yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
- Buchari Alma (2004:130): Menurut Buchari Alma bahwa pengertian administrasi pemasaran ialah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran ataupun bab dipemasaran.
Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran
1. Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli
Pada umumnya produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi utama dalam taktik bisnis. Tentu proses marketing atau penjualan dalam bisnis tentu mengedepankan pihak konsumen dalam konsep pemasaran sebagia perioritas utama.
2. Perencanaan Kegiatan-Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Dalam kegiatan pemasaran harus disusun secara menyeluruh dari segala keperluan semoga mempermudah proses pemalaksanaan dan pengawasan.
3. Kepuasan Konsumen
Hal ini menjadi perhatian utama dalam menyusun taktik pemasaran. Bagusnya administrasi pemasaran saat menyetujui hasil keputusan para konsumen yang maksimal. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan, tetapi bagaimana cara maupun taktik pemasaran yang dijalankan.
Tugas Manajemen Pemasaran
- Mempelajari kebutuhan maupun impian dari konsumen
- Mengembangkan konsep-konsep produk atau barang untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar
- Membuat desain produk dan menyebarkan pembungkusan maupun merk
- Mengatur distribusi dan mengusut penjualan
- Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien
- Mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak.
Baca Juga:
Demikianlah informasi mengenai Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian administrasi pemasaran, fungsi administrasi pemasaran, unsur-unsur administrasi pemasaran, dan tugas-tugas administrasi pemasaran. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.