Berikut ini ialah referensi soal tes potensi akademik yang biasa dipakai untuk mengetahui kemampuan siswa. Baik dipakai untuk seleksi penerimaan di Sekolah Menengah Pertama maupun sekadar sebagai soal untuk memetekan kemampuan siswa.
Dalam soal TPA ini ada beberapa penggalan yaitu: Soal Analogi Verbal, Melengkapi Kalimat, Klasifikasi Verbal, Pemahaman Bacaan, Analogi Bilangan, Teka-teki Bilangan, Deret Bilangan.
Berikut ini ialah referensi soal sekaligus tanggapan dan pembahasannya:
Dalam soal TPA ini ada beberapa penggalan yaitu: Soal Analogi Verbal, Melengkapi Kalimat, Klasifikasi Verbal, Pemahaman Bacaan, Analogi Bilangan, Teka-teki Bilangan, Deret Bilangan.
Berikut ini ialah referensi soal sekaligus tanggapan dan pembahasannya:
ANALOGI VERBAL
1. Badut : Lucu = Polisi : …..
(A) Jalan (B) Tegap (C) Tegas (D) Tilang (E) Lalu lintas
Jawaban: C) Tegas. Badut identik dengan sifat lucu, sementara polisi identik dengan sifat tegas.
2. Sawah : Padi = Hutan : …..
(A) Rimba (B) Pohon (C) Sungai (D) Burung (E) Gunung
Jawaban: B) Sawah dan padi ialah korelasi hasil. Hasil dari sawah ialah padi. Hasil dari hutan ialah pohon.
3. Mawar : Pot = Mobil : …..
(A) Jalan (B) Polisi (C) Garasi (D) Bagasi (E) Rumah
Jawaban: C) Garasi. Pot ialah kawasan beradanya bunga mawar. Sementara kendaraan beroda empat berarti harus ada di dalam garasi.
MELENGKAPI KALIMAT
4. Indera penciuman dan lidah ….. keterkaitan yang sangat erat.
(A) Berupa (B) Memiliki (C) Menjamin (D) Tilang (E) Lalu lintas
Jawaban: B) Memiliki.
5. Ani tiba ….. ke rumah neneknya di desa.
(A) Bersua (B) Bersama (C) Berjumpa (D) Berkunjung (E) Bertamasya
Jawaban: D) berkunjung. Karena ada yang dikunjungi yaitu neneknya. Jika ke kawasan wisata maka 'bertamasya'
6. Setiap siswa mempunyai ….. berguru dengan sungguh sungguh supaya mendapat nilai yang baik.
(A) Hak (B) Fasilitas (C) Prioritas (D) Kewajiban (E) Kesempatan
Jawaban: D) kewajiban. Karena rangkaiannya 'agar mendapat nilai yang baik' supaya mendapat nilai yang baik berarti harus belajar. berarti kewajiban.
KLASIFIKASI VERBAL
7. Jeruk, Pisang, Nanas, …..
(A) Duku (B) Buah (C) Wortel (D) Kuning (E) Kentang
Jawaban: A) Duku. Jeruk, Pisang, Nanas ialah jenis buah. Maka tanggapan yang jenis buah ialah duku. I
8. Melompat, Berlari, Berjalan, …..
(A) Menulis (B) Memahat (C) Melipat kain (D) Menendang (E) Membungkus
Jawaban: D) Menendang. Kegiatan melompat, berlari, dan berjalan adalah aktivitas yang memakai kaki. Maka, tanggapan yang paling sempurna ialah menendang.
9. Kata manakah yang TIDAK sama dengan kata-kata yang lain?
(A) Teko (B) Botol (C) Ember (D) Piring (E) Bak mandi
Jawaban: D) Piring. Semua kata di atas mempunyai kesamaan yaitu: kawasan air (wadah air). Hanya piring yang tidak dipakai sebagai kawasan air.
PEMAHAMAN BACAAN
Hari ini beberapa teman di sekolah kami akan berangkat untuk bertanding basket melawan perwakilan dari semua sekolah yang ada di kota kami. Sebelumnya pak kepala sekolah telah mendaftarkan tim kami untuk menjadi wakil sekolah pada pertandingan tersebut. Pertandingan diselenggarakan di sekolah lain yang tidak jauh dari sekolah kami. Ada 2 tim yang dikirim oleh pihak sekolah kami untuk berpartisipasi dalam pertandingan tersebut. Satu tim putra dan satu tim putri. Secara keseluruhan ada 20 tim yang berasal dari 10 sekolah yang mengikuti program tersebut.
Sebelum bertanding kami melaksanakan latihan secara intensif. Guru olah raga kami yang menjadi instruktur kami menargetkan kedua tim dari sekolah kami untuk meraih juara 1. Tentu saja kami harus berlatih keras supaya sasaran tersebut bisa tercapai.
Pada ketika pertandingan dimulai, tim putra meraih kemenangan dan melaju ke babak berikutnya. Sayangnya tim putri harus kalah melawan tim putri lain sehingga tidak bisa maju ke babak berikutnya. Pada babak berikutnya tim putra menang kembali dan maju ke babak semifinal. Di babak semifinal tim putra harus melawan tim yang sangat besar lengan berkuasa dan menjadi juara bertahan ketika ini. Namun demikian keberuntungan ada di pihak kami alasannya tim lawan ternyata terlambat hadir di kawasan pertandingan. Wasit lalu mengumumkan bahwa tim kami sanggup maju ke babak final. Di babak tamat tim putra sekolah kami kembali menang dan mendapat juara 1.
Kami pulang dengan membawa piala kemenangan, meskipun tim putri kami telah kalah terlebih dahulu.
10. ‘WASIT’ ialah :
(A) Orang yang menilai pertandingan
(D) Orang yang menyelenggarakan pertandingan
(B) Orang yang mengatur jalannya pertandingan
(E) Orang yang memastikan pertandingan akan
(C) Orang yang mengesahkan pertandingan dilaksanakan
Jawaban: B)
11. Istilah ‘BABAK’ pada naskah sama maknanya dengan …..
(A) Final (B) Waktu (C) Lomba (D) Tahapan (E) Semifinal
Jawaban: D) Tahapan
12. Berikut ialah beberapa alasan yang mungkin menjadikan tim putri basket kalah pada babak pertama pertandingan …..
(A) Tim basket lawan lebih besar lengan berkuasa (D) Tim basket putri kurang berlatih dengan keras
(B) Tim basket putri kurang beruntung (E) Tim basket putri tidak bisa melaksanakan apa-apa
(C) Tim basket putri menyerah pada lawan
Jawaban: A) Tim basket lawan lebih kuat.
ANALOGI BILANGAN
13. (2 → 4) (4 → 16) (6 → …)
(A) 24 (B) 32 (C) 36 (D) 38 (E) 42
Jawaban: C) 36. 2 kali 2 jadi 4; 4 kali 4 jadi 16; 6 kali 6 kesannya 36.
14. (2 → ½) (4 → 1) (8 → …)
(A) 1 ½ (B) 2 (C) 4 (D) 6 (E) 8
Jawaban: B) 2. dua penggalan jadi setengah. Empat bagian, jadi 1, maka jikalau delapan penggalan jadi 2.
15. (14 → 7) (35 → 28) (42 → …)
(A) 34 (B) 35 (C) 36 (D) 37 (E) 38
Jawaban: B) 35. Logikanya, dikurangi 7. 14 dikurangi 7 jadi 7. 35 dikurangi 7 jadi 28, maka 42 dikurangi 7 jadi 35.
TEKA-TEKI BILANGAN
16. … : 7 = 12
(A) 19 (B) 56 (C) 64 (D) 84 (E) 96
Jawaban: D) 84. 84 dibagi 7 jadi 12.
17. (5 + …) × 11= 121
(A) 4 (B) 6 (C) 7 (D) 9 (E) 10
Jawaban: C) 7
18. 7 × 3 : 7 × 3 : … = 3
(A) 2 (B) 3 (C) 5 (D) 7 (E) 9
Jawaban: B) 3
DERET BILANGAN
19. 3, 6, 9, 12, 15 , 18, 21, …, …
(A) 22, 25 (B) 22, 26 (C) 23, 26 (D) 24, 27 (E) 24, 29
Jawaban: D) ini ialah kelipatan 3.
20. 3, 5, 8, 10, 13, 15, 18, …, …
(A) 20, 22 (B) 20, 23 (C) 20, 24 (D) 21, 23 (E) 21, 26
Jawaban: A) ini ialah kelipatan 2.
21. 50, 55, 52, 57,54, 59, …, …
(A) 54, 57 (B) 55, 60 (C) 56, 61 (D) 60, 55 (E) 61, 56
Jawaban: C) ini ialah ditambah 5 dikurangi 3.
Demikian referensi soal dan tanggapan serta pembahasan soal Tes Potensi Akademik. Semoga bermanfaat.