15 Fungsi Musik

Musik ialah bunyi yang berasal dari bermacam-macam alat musik dan disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Musik telah ada semenjak insan ada yaitu sekiar 180.000 sampai 100.000 tahun yang lalu. Saat ini musik menjadi salah satu kebudayaan yang terkenal di dunia. Musik berkembang dari hanya sebagai media hiburan menjadi salah satu alat pengungkapan mulut yang disebut seni musik. Berikut ialah beberapa fungsi umum dari musik. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap)

Musik ialah bunyi yang berasal dari bermacam-macam alat musik dan disusun sedemikian rupa sehing 15 Fungsi MusikMakalah: Sejarah, Fungsi, dan Harmoni Musik Arumba

  • Mengiring tarian. Setiap tarian selalu diiringi dengan musik. Musik selalu selaras dengan gerakan tarian. Bahkan ada musik yang sanggup mempengaruhi penontonnya untuk ikut menari juga.
  • Sebagai pengiring pertunjukan. Pentas drama dan film selalu diiringi musik yang diadaptasi dengan suasana adegannya. Tujuannya ialah semoga menambah pengalaman penonton dalam menikmati film dan membantu penonton untuk memahami suasana dalam adegan tersebut.
  • Untuk melambangkan sesuatu. Tempo musik sanggup melambangkan sesuatu. Misalnya kalau temponya lambat, maka itu melambangkan kesedihan. Musik juga sanggup menjadi lambang suatu negara atau daerah. Misalnya lagu Indonesia Raya yang merupakan perlambangan dari negara Indonesia.
  • Sebagai pengiring acara olahraga. Kegiatan olahraga terutama senam dan jogging terasa lebih menyenangkan saat sambil mendengarkan musik. Musik juga sanggup mengiringi gerakan dalam senam. Jika tempo musik cepat, maka dengan sendirinya gerakan kita akan semakin cepat.
  • Sebagai sarana pendidikan. Suatu pelajaran akan lebih gampang dipahami kalau dijadikan musik atau diiringi musik. Musik juga sanggup dipakai sebagai sarana penyampaian nasehat yang mendidik anak.
  • Meramaikan suasana. Ketika sendiri, menghidupkan musik akan menciptakan suasana menjadi lebih ramai. Sehingga kita tidak merasa ketakutan lagi. Suasana dalam perjalanan juga akan terasa lebih ramai kalau diiringi dengan musik.
  • Sebagai ciri khas kebudayaan setempat. Setiap negara di dunia dan bahkan setiap kawasan di Indonesia niscaya mempunyai sebuah musik tradisional sebagai salah satu ciri khas kebudayaannya. Ketika orang-orang mendengar musik tersebut, mereka niscaya eksklusif mengingat kawasan dimana musik tersebut berasal.

  • Sumber:

    1. Musik ( /search?q=seni-artikel-lengkap)
    2. Fungsi musik dalam kehidupan sehari-hari ( /search?q=seni-artikel-lengkap
    3. FUNGSI MUSIK ( /search?q=seni-artikel-lengkap)
    4. Manfaat dan Fungsi Musik ( /search?q=seni-artikel-lengkap)


    Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke

    LihatTutupKomentar