[Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b |
Pengumuman Update Dapodik: Patch 1.0 [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b telah Dirilis.
Patch 1.0 [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b dirilis untuk mengatasi permasalahan bugs [Aplikasi] Dapodikdasmen. Sekolah diharapkan tetap mengisi data yang masih dapat dikerjakan & segera melakukan sinkronisasi.
RILIS PATCH 1.0 [Aplikasi] Dapodikdasmen VERSI 2018.B
Untuk menjawab keluhan para Operator Sekolah, Kami Dapodikdasmen telah merilis fiture perbaikan pada aplikasi dapodikdasmen versi 2018. Fitur ini dinamakan PATCH 1.0 [Aplikasi] Dapodikdasmen VERSI 2018.B. Berikut ini Kutipan informasi terkait rilis PATCH 1.0 [Aplikasi] Dapodikdasmen VERSI 2018.B. yang dikutip dari laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada tanggal 30 Januari 2018 telah dirilis [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b, dimana dilakukan pembaruan di beberapa fitur & perbaikan dari versi sebelumnya. [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b telah melalui serangkaian pengujian sebelum dirilis, namun demikian setelah dirilis & digunakan pada saat ini dilaporkan temuan beberapa bugs pada aplikasi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
Menindaklanjuti adanya laporan-laporan tersebut, tim pengembang telah melakukan perbaikan bugs pada aplikasi & saat ini dirilis dalam bentuk aplikasi PATCH 1.0 untuk [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b. Kami sangat meng-apresiasi peran aktif dari para Operator Dapodik yang telah melaporkan temuan-temuannya, dimana laporan ini sangat berharga & dibutuhkan oleh tim pengembang dalam melakukan pembenahan [Aplikasi] Dapodikdasmen.
Adapun pembaruan & perbaikan yang dilakukan pada Patch 1.0 adalah sebagai berikut:
· [Pembaruan] Panambahan tampilan info jumlah agregat pada beranda
· [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
· [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah prasarana
· [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika ubah rombongan belajar
· [Perbaikan] Perbaikan pengisian kelompok mata pelajaran Wajib (Tambahan)
Untuk melakukan update/pembaruan Patch 1.0 pada [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Unduh & Install Patch 1.0
Bagi sekolah yang telah menggunakan [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b dapat melakukan pembaruan Patch 1.0 secara manual, langkah-langkahnya sebagai berikut:
· Unduh file PATCH 1.0 pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
· Lakukan installasi sampai dengan selesai.
· Lakukan refresh (Ctrl + F5).
2. Pembaruan Online
Bagi sekolah yang telah menggunakan [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b juga dapat melakukan pembaruan Patch 1.0 secara ONLINE, langkah-langkahnya sebagai berikut:
· Pastikan komputer terkoneksi internet.
· Silahkan login pada [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b
· Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
· Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Patch 1.0) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
· Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
· Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
· Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).
3. Bagi yang masih menggunakan [Aplikasi] Dapodikdasmen versi 2018.a
Bagi sekolah yang masih menggunakan [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.a, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
· Uninstall [Aplikasi] Dapodikdasmen versi 2018.a, kemudian install [Aplikasi] Dapodikdasmen versi 2018.b
· Setelah berhasil melakukan pembaharuan ke Apikasi Dapodikdasmen 2018.b, lanjutkan dengan melakukan installasi PATCH 1.0 (dapat menggunakan cara manual atau update on line sebagaimana penjelasan pada poin no.1 & no.2 diatas).
· Lakukan proses registrasi dengan mengikuti petunjuk penggunaan [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b.
HARA PERHATIAN:
· Pada saat registrasi offline pada [Aplikasi] Dapodikdasmen DILARANG Menggunakan PREFILL LAMA. Gunakan prefill dengan MENGUNDUH PREFILL BARU setiap akan melakukan registrasi.
· Prioritas penggunaan titik koordinat alamat adalah untuk peserta didik tingkat kelas 6 & kelas 9, mengingat akses penggunaan titik koordinat hanya dibatasi 25.000 akses pencarian per hari.
· Jika ada pesan error, penentuan titik koordinat tetap dapat dilakukan dengan menggeser posisi map (tidak melalui pencarian)
Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian & kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Link Unduhan:
Link Installer [Aplikasi] Dapodik versi 2018.b
LINK PREFILL
==============================
Info Sebelumnya tentang Rilis [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.Tepat tanggal 30 Januari 2018 [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] dapodikdasmen 2018.b resmi dirilis. Berikut ini pemberitahuann rilis resmi [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.18 yang disampaikan Tim Kami Dapodikdasmen dalam laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.
Puji syukur Alhamdulillah, Tim Dapodikdasmen telah menyelesaikan proses pengujian [Aplikasi] Dapodikdasmen versi baru, yaitu Dapodik versi 2018.b atau (Dapodikdasmen 2018.b) Pada [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur & juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bugs versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik & juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur & mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.
[Aplikasi] Dapodikdasmen versi 2018.b telah menggunakan database versi baru, maka secara teknis [Aplikasi] Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018.a) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2018.b, akan tetapi harus melakukan install ulang. Oleh karenanya [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER).
Berikut adalah daftar perubahan pada [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018:
· [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data penugasan GTK, perubahan hanya melalui Dinas Pendidikan (KK-Datadik)
· [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun status kepegawaian sebagai GTY
· [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada peserta didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
· [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada di sekolah non induk
· [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang SMA & SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
· [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password ketika buat akun GTK
· [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
· [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum & jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaran sudah terisi
· [Pembaruan] Penambahan kolom lintang & bujur pada PTK
· [Pembaruan] Penambahan kolom lintang & bujur pada Peserta Didik
· [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
· [Pembaruan] Perubahan menu utama
· [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
· [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi & cetak surat mutasi peserta didik
· [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasi terkait profil guru & tendik
· [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian & penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi
· [Pembaruan] Penambahan fitur perubahan kop sekolah
· [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
· [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian & penyempurnaan fitur penginputan nilai
· [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
· [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
· [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
· [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombel praktik untuk jenjang SMK
Untuk itu kepada segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk segera menugaskan Operator Dapodik untuk melakukan instalasike [Aplikasi] Dapodikdasmen versi 2018.b & melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018 Semester Genap.
Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian & kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Link Unduhan [Aplikasi] Dapodik 2018.b ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b) [Aplikasi] Dapodik 2019 ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2019)
Link Unduhan Link Prefill [Aplikasi] Dapodik 2018.b ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b) [Aplikasi] Dapodik 2019 ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2019)
Berikut ini penjelasan Deskripsi Perubahan [Aplikasi] Dapodik [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau Dapodikdasmen Versi 2018.b.
1) [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data penugasan GTK, perubahan hanya melalui Dinas Pendidikan (KK-Datadik)
Penambahan fitur ini untuk meminimalisir kesalahan input data penugasan GTK khususnya untuk guru yang mengajar di lebih dari satu sekolah. Jika ada perubahan penugasan GTK hanya bisa dilakukan pada [Aplikasi] Manajemen Dinas Pendidikan (KK-Datadik) setempat.
2) [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun status kepegawaian sebagai GTY GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun memiliki status kepegawaian GTY akan menyebabkan invalid pada menu validasi lokal. Diharapkan sekolah dapat memeriksa kembali isian data milik GTK tersebut. Jika belum ada perubahan, sekolah tidak dapat melakukan sinkronisasi.
3) [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada peserta didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
Pada [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b, Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan penginputan tanggal masuk peserta didik. Validasi ini membandingkan isian tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran yang terdapat pada tabel registrasi peserta didik.
4) [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada di sekolah non induk
Fitur ini ditambahkan agar data yang dikirimkan konsisten khususnya bagi guru yang mengajar di lebih dari 1 sekolah/satminkal. Perubahan identitas pokok hanya bisa dilakukan melalui sekolah induk. Adapun di sekolah non induk hanya bisa mengisi penugasan, pembelajaran, tugas tambahan & nilai.
5) [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang SMA & SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
Validasi ini ditambahkan untuk mengakomodir rasio jumlah wakil kepala sekolah dengan jumlah rombel yang di sekolah tersebut khusus untuk jenjang SMA & SMK. Tiap 9 (sembilan) rombel berbanding dengan 1 (satu) wakil kepala sekolah.
1-2 rombel = wakil kepala sekolah tidak diakui
3-9 rombel = 1 wakil kepala sekolah
10-18 rombel = 2 wakil kepala sekolah
19-27 rombel = 3 wakil kepala sekolah
>27 rombel = 4 wakil kepala sekolah
6) [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password ketika buat akun GTK
Fitur ini ditambahkan untuk memudahkan pengguna dalam pengisian password pada fitur akun GTK yang terdapat di tabel penugasan. Fitur ini dapat menampilkan password yang tersembunyi.
7) [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
Validasi ini ditambahkan untuk meminimalisir penginputan mata pelajaran yang tidak seharusnya berada pada struktur kurikulum yang berlaku di aplikasi dapodik. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah penginputan data menggunakan aplikasi diluar aplikasi dapodik.
8) [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaran sudah terisi
Hal ini dilakukan untuk meminimalisir manipulasi data. Dengan adanya pembaruan ini, rombongan belajar yang sudah terisi pembelajarannya tidak dapat diubah tingkat pendidikan, kurikulum dan isian jurusan. Jika pengguna memaksa melakukan hal tersebut, maka akan tampil peringatan seperti gambar berikut.
Jika pengguna ingin mengubah tingkat pendidikan, kurikulum, dan isian jurusan maka pengguna wajib mengosongkan pembelajaran dengan cara menghapus satu persatu isian pembelajaran.
9) [Pembaruan] Penambahan kolom lintang & bujur pada GTK
10) [Pembaruan] Penambahan kolom lintang & bujur pada Peserta Didik
Penambahan pengisian kolom lintang dan bujur pada peserta didik bertujuan untuk mengukur jarak tempuh tempat tinggal peserta didik dengan sekolah & untuk mengakomodir kebijakan zonasi pada aturan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan No. 17 Tahun 2017. Prosedur pengisian lintang & bujur pada peserta didik adalah sebagai berikut:
a) Pilih peserta didik yang akan diisi, klik tombol Ubah.
b) Maka akan tampil jendela Edit Peserta Didik.
c) Klik tombol Buka Peta Koordinat untuk melihat titik tempat tinggal siswa peserta didik. Pastikan komputer terkoneksi internet jika ingin menggunakan fitur ini.
d) Untuk memudahkan pencarian titik koordinat, isi kolom Cari Lokasi lalu tekan Enter. Pilih titik koordinat yang diinginkan, lalu klik Pilih Koordinat & klik Simpan & Tutup jendela.
11) [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
Pada [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b ini semua satuan pendidikan di semua jenjang diberikan kebebasan dalam memilih kurikulum sesuai dengan yang berlaku di masing-masing satuan pendidikan untuk mengubah kurikulum, lakukan perbaikan pada kolom kurikulum yang terdapat di tabulasi rombongan belajar. Sebagai contoh kami menggunakan jenjang SMA. Untuk mengganti dari kurikulum 2013 ke KTSP, pastikan Program Pengajaran Satuan Pendidikan dipilih sesuai yang diinginkan, lalu pilih KTSP pada isian kurikulum.
Catatan: Pemilihan kurikulum di semester ini akan berhubungan dengan pemilihan kurikulum di semester selanjutnya. Jika di semester genap ini dipilih kurikulum 2013, maka semester selanjutnya pengguna tidak bisa memilih KTSP.
12) [Pembaruan] Perubahan menu utama
Pembaruan ini dilakukan dalam penyesuaian dengan menu baru yang ditambahkan di versi 2018.b. Perubahan ini diantaranya: Begitu pula Peserta Didik Non-Aktif saat ini disatukan ke menu utama Peserta Didik. Selanjutnya penambahan menu SKS (Satuan Kredit Semester) khusus untuk sekolah-sekolah yang sudah memberlakukan sistem SKS.
· Menu GTK Non- Aktif yang sebelumnya memiliki menu terpisah, di versi ini menu tersebut disatukan ke menu utama GTK.
· Menu PD Keluar yang sebelumnya memiliki menu terpisah, di versi ini menu tersebut disatukan ke menu utama Peserta Didik.
· Menu Nilai Rapor & Nilai US/USBN di [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b diaktifkan kembali di semester genap. Menu ini juga bisa dimanfaatkan dalam melakukan import data melalui aplikasi erapor.
· Menu Validasi Lokal & Validasi Pusat disatukan kedalam menu utama Validasi.
13) [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan No. 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Satuan Kredit Semester pada Pendidikan Dasar & Menengah Pasal 1 menyebutkan bahwa Satuan Kredit Semester selanjutnya disebut SKS adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan/atau strategi belajar setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya. [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b dapat mengakomodir bagi sekolah penyelenggara SKS. Untuk jenjang yang dapat menyelenggarakan program SKS adalah jenjang SMP & SMA yang sudah mendapakan SK izin penyelenggaraan SKS dari dinas pendidikan setempat. Pengisian Rombongan Belajar SKS pada menu tersendiri.
Perbedaan antara jenjang SMP dan SMA penyelenggara SKS adalah pada pengisian Program Pengajaran untuk SMA sementara SMP tidak perlu mengisi.
[Aplikasi] dapodik akan secara otomatis memfilter bagi sekolah dengan jenjang SMA program pengajaran akan muncul & dapat dipilih, Sementara untuk SMP aplikasi Dapodikdasmen akan menonaktifkan kolom program pengajaran secara otomatis.
Proses pengisian Pembelajaran & Anggota Rombel masih sama seperti dengan pengisian pada Rombongan belajar Reguler. Yang berbeda hanyalah pemahaman pengisian tingkat bagi Rombongan belajar SKS. Dijabarkan seperti berikut jika penyelenggaraannya sebanyak 4 semester:
(Tingkat 7_SMP & 10_SMA) untuk semester 1
(Tingkat 8_SMP & 11_SMA) untuk semester 2
(Tingkat 9_SMP & 12_SMA) untuk semester 3 & 4
Penyelenggaraan program SKS sebanyak 6 semester:
(Tingkat 7_SMP & 10_SMA) untuk semester 1 & 2
(Tingkat 8_SMP & 11_SMA) untuk semester 3 & 4
(Tingkat 9_SMP & 12_SMA) untuk semester 5 & 6
14) [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi & cetak surat mutasi peserta didik
Pembaruan ini adalah salah satu penyempurnaan perihal mutasi peserta didik. Pada aplikasi versi 2018.b ini, peserta didik yang mutasi akan otomatis dibuatkan surat mutasi berdasarkan isian Dapodikdasmen di sekolah asal. Langkah-langkah untuk melakukan cetak surat mutasi peserta didik adalah sebagai berikut:
1. Pilih peserta didik yang akan dimutasi, klik tombol registrasi & isi registrasi keluar peserta didik tersebut.
2. Setelah mengisi registrasi keluar, segera lakukan sinkronisasi agar data lokal di sekolah sama dengan data di server pusat.
3. Selanjutnya pada menu PD Keluar, pilih peserta didik tersebut lalu klik tombol cetak surat mutasi.
4. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Status pertama adalah “Belum Melakukan Konfirmasi Cetak”. Untuk melakukan konfirmasi, klik tombol “Konfirmasi Cetak
5. Pilih Ya untuk melanjutkan. Pilih dengan hati-hati karena jika konfirmasi cetak selesai dilakukan, maka peserta didik tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi peserta didik aktif di sekolah tersebut.
6. Selanjutnya, jika sudah berhasil melakukan konfirmasi maka pengguna dapat melakukan cetak surat mutasi dengan cara klik tombol “Cetak Dokumen”.
7. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Atur sesuai dengan kebutuhan lalu klik print.
15) [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasi terkait individual guru
Fitur informasi individual guru diharapkan dapat mempermudah guru mengecek kesesuaian data yang telah diinputkan di aplikasi Dapodikdasmen . Sebaiknya hal ini dilakukan sebelum operator melakukan sinkronisasi agar data yang dikirimkan lebih terjamin kevalidannya. Untuk mengakses fitur ini, langkah yang perlu dilakukan adalah:
a. Pada menu Guru, pilih data guru yang akan dicek, lalu klik tombol Profil Guru.
b. Maka akan tampil jendela Profil Guru seperti gambar berikut. Jika ingin mencetaknya, klik tombol Cetak Dokumen yang berada diatas
c. Setelah itu klik print untuk mencetak melalui mesin printer di sekolah.
16) [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian dan penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi.
Dengan adanya versi terbaru aplikasi yaitu [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b, maka diperlukan juga penyesuaian & penyempurnaan struktur database dengan front-end (UI) aplikasi Dapodikdasmen agar memudahkan pengguna dalam melakukan penginputan. Di versi 2018.b ini, struktur database sudah menggunakan versi 2.70.
17) [Pembaruan] Penambahan fitur perubahan kop sekolah
Dengan adanya fitur cetak surat mutasi peserta didik dan profil guru, maka dibutuhkan pula untuk mengubah kop default yang ada di aplikasi sesuai dengan kop sekolah. FItur ini sudah tersedia di menu Pengaturan yang ada di [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b. Prosedur yang perlu dilakukan adalah:
a) Pilih menu Pengaturan, lalu pada menu Gambar Kop Sekolah klik tombol Ubah
b) Selanjutnya akan tampil jendela unggahan Ganti Kop Sekolah, klik tombol Pilih
c) Selanjutnya akan tampil jendela File Explorer. Pilih file gambar kop yang akan diunggah lalu pilih Open
d) Pastikan ukuran file gambar kop surat tidak lebih dari 2Mb. Untuk hasil yang maksimal, ukuran gambar kop yang disarankan adalah 700 x 300 px. Klik tombol Simpan untuk mengunggah.
e) Akan tampil proses unggah. Jika unggah telah selesai terproses, akan tampil notifikasi bahwa gambar kop sudah berhasil terunggah.
f) Setelah selesai, maka gambar kop surat yang berhasil terunggah akan otomatis tampil sebagai kop cetak surat mutasi peserta didik & profil guru.
18) [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
Penginputan isian nilai untuk semester genap kembali diaktifkan. Untuk sekolah dengan jenjang SD menggunakan input nilai pada aplikasi Dapodikdasmen, sementara untuk jenjang SMP/SMA/SMK menggunakan aplikasi erapor yang telah disediakan oleh direktorat pembinaan masing-masing. Hasil penginputan erapor dapat langsung dimasukkan atau tersinkronisasi dengan aplikasi Dapodikdasmen .
19) [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian & penyempurnaan fitur penginputan nilai.
Menu penginputan nilai telah disempurnakan dan disesuaikan dengan keadaan dilapangan. Untuk jenjang SMP/SMA/SMK penyesuaian dilakukan dengan aplikasi erapor. Sementara untuk jenjang SD penginputan tetap menggunakan aplikasi Dapodikdasmen .
20) [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
Untuk mencegah terjadinya manipulasi serta kerusakan data yang disebabkan penggunaan aplikasi diluar Dapodikdasmen . Pada [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b system keamanan telah ditingkatkan agar pendataan lebih optimal & menghasilkan data yang valid.
21) [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
Optimalisasi aplikasi Dapodikdasmen dasmen versi 2018.b dilakukan untuk menyempurnakan proses penginputan serta pengiriman data agar lebih valid & mudah di pergunakan. Serta memperbaiki bagian dari aplikasi yang selama ini belum sempurna.
22) [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
Perbaikan aplikasi Dapodikdasmen pada menu pembelajaran untuk jenjang SMA saat menambah mata pelajaran diluar dari jam wajib.
23) [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombel praktik untuk jenjang SMK
Beberapa Jenis rombel Praktik adalah sebagai berikut:
· Type 1:
1 mapel diampu oleh 1 orang guru ( belajar teori dan praktik pada 1 rombel yang sama)
· Type 2:
1 mapel diampu oleh 2 orang guru ( guru A & B), misal mapel dengan jjm max 6
· Type 3:
1 mapel ( jjm max 6) diajar oleh 3 orang guru, 1 guru teori(guru A, jjm = 2) , 2 guru praktik (guru B & C , jjm = 4)
· Type 4
1 Mapel ( jjm max = 10) diajarkan oleh 2 orang guru, 1 guru teori ( Guru A, JJm = 4) , 1 guru praktik (guru B , JJM = 6)
===========================