Soal Audit SDM Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Audit SDM Beserta Jawaban
  1. Suatu pelatihan dengan kapasitas 50 orang peserta hanya diikuti oleh 40 peserta. Maka tingkat inefisiensi penyelenggaraan pelatihan adalah ….
    a. 20%
    b. 15%
    c. 10%
    d. 5%
  2. Perusahaan Kokiku memiliki 200 orang karyawan pada bulan Agustus 2011. Pada Bulan tersebut terjadi 100 kasus karyawan yang meninggalkan jam kerja lebih dari satu jam. Maka tingkat frekuensi absen kayawan pada perusahaan tersebut pada Bulan Agustus 2011 adalah ....
    a. 0,5
    b. 1,0
    c. 1,5
    d. 2,0
  3. Karyawan pindah ke perusahaan lain merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan SDM (input) dalam perusahaan. Karyawan pindah tersebut merupakan contoh dari faktor....
    a. Eksternal
    b. Tenaga kerja
    c. Audit pegawai
    d. Organisasi
  4. Yang harus diperhatikan dalam melakukan audit terhadap proses bisnis rekrutmen adalah....
    a. Jumlah dan jenis jabatan
    b. Profil jabatan
    c. Persyaratan jabatan berbasis kompetensi
    d. Jangka waktu dan anggaran
  5. Dalam melakukan audit analisa jabatan terkait dengan input, maka auditor perlu memeriksa.... ....
    a. Tujuan organisasi
    b. Jenis dan jenjang jabatan
    c. Uraian jabatan
    d. Hubungan kerja
  6. Dalam melakukan audit analisa jabatan terkait dengan out put, maka auditor perlu memeriksa.... ....
    a. Persyaratan jabatan
    b. Tujuan
    c. Metode yang digunakan
    d. Uraian jabatan
  7. Analisa organisasi terkait visi, misi, sasaran dan strategi perusahaan merupakan salah satu yang harus diperiksa auditor dalam melakukan audit terhadap ....
    a. Proses bisnis pelatihan dan pengembangan SDM
    b. Efisiensi dan efektivitas pelatihan serta pengembangan SDM
    c. Integrasi pelatihan dan pengembangan SDM dengan sistem SDM lainnya
    d. Praktek pelatihan dan pengembangan SDM
  8. Sistem penilaian kinerja, sistem pelatihan dan sistem karir merupakan unsur yang akan diperiksa oleh auditor dalam melakukan audit tentang ......
    a. Integrasi balas jasa
    b. Efisiensi dan efektivitas balas jasa
    c. Praktek balas jasa
    d. Proses bisnis balas jasa
  9. Menurut Robbins & Judge (2009) reaksi pegawai yang kecewa/tidak memperoleh kepuasan kerja akan menampilkanreaksi pasif menunggu dan tidak berbuat apa-apa, namun terhadap kritik dari pihak di luar perusahaan memberikan reaksi positif, masih memiliki kepercayaan terhadap manajemen serta menyerukan bahwa manajemen melakukan hal yang benar. Reaksi tersebut dinamakan ....
    a. Voice
    b. Neglet
    c. Loyalty
    d. Exit
  10. Model audit SDM yang melihat SDM sebagai suatu keseluruhan, melebihi penjumlahan dari setiap sub sistem SDM yang tercakup di dalamnya disebut model audit SDM berlandaskan ....
    a. Aspek strategik
    b. Aspek integratif
    c. Filosofi spiritual
    d. Filosofi holistik
  11. Paradigma lama SDM : ukuran kinerja dipandang dari aspek biaya. Yang termasuk dalam paradigma baru SDM adalah...
    a. Perintah dan kontrol
    b. Program K3 merupakan bagian dari penilaian kinerja
    c. Bertanggung jawab atas kinerja K3
    d. Adanya dukungan teknologi
  12. Audit yang menekankan pada penyimpangan dari azas azas yang berlaku disebut...
    a. Audit kesehatan azas
    b. Audit ketaatan azas
    c. Audit inovasi
    d. Audit umum
  13. Audit untuk menggali potensi nilai dari perspektif SDM serta berusaha memotivasi, memacu auditee agar mau melakukan berbagai inovasi disebut ...
    a. Audit SDM
    b. Audit kesehatan azas
    c. Audit ketaatan azas
    d. Audit inovasi
  14. Salah satu indikator dibawah ini yang umumnya merupakan area sensitif adalah...
    a. Modal kerja yang tidak cukup
    b. Keuntungan yang meningkat
    c. Tingkat kehadiran
    d. Kepentingan individu
  15. Menurut Zweel (2000) salah satu keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh faktor ....
    a. Modal kerja
    b. Bentuk perusahaan
    c. Jaringan perusahaan
    d. Penerapan dan pemanfaatan budaya berbasis kompetensi secara maksimal
  16. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menyusun laporan audit SDM, adalah...
    a. Program aksi atau program tindak lanjut audit SDM
    b. Makna laporan audit SDM
    c. Bukti - bukti pendukung audit SDM
    d. Cara menyampaikan laporan audit SDM
  17. Salah satu dampak negatif dari kerja lembur yang panjang adalah ....
    a. Kebosanan karyawan
    b. Diperlukan kotak saran
    c. Meningkatnya keluhan karyawan
    d. Meningkatnya stress karyawan
  18. PT Halimun pada Bulan September 2011 mendapat 40 keluhan dan pengaduan karyawan. Jumlah karyawan pada bulan tersebut 200 orang karyawan. Maka rata-rata karyawan yang mengajukan keluhan dan pengaduan pada bulan tersebut adalah .....
    a. 0,1
    b. 0,2
    c. 0,4
    d. 0,6
  19. Menurut Brian et,all (2001), yang dimaksud dengan core efficiency (efisiensi utama) adalah....
    a. Mengukur biaya-biaya pegawai yang terkait langsung dengan strategi perusahaan
    b. Mengukur biaya pelatihan yang dikeluarkan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi pegawai
    c. Mengukur biaya-biaya gaji dan tunjangan serta biaya administrasi lainnya
    d. Mengukur biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pengadaan pegawai baru
  20. Karakteristik pekerjaan yang dihargai perusahaan untuk dibayar, seperti kompleksitas tugas, kondisi pekerjaan, pendidikan dan pengalaman yang dipersyaratkan dan tanggung jawab pekerjaan disebut ...
    a. Compensable factors
    b. Core efficiency
    c. Strategic efficiency
    d. Clean wages system
  21. Menurut Brian et all (2001), efisiensi MSDM dapat dinilai dari efisiensi aspek kunci MSDM, yaitu...
    a. Efisiensi pengadaan dan seleksi pegawai
    b. Efisiensi pengembangan dan pelatihan pegawai
    c. Efesiensi utama dan efesiensi strategik
    d. Efisiensi kinerja dan efisiensi pelatihan
  22. Paradigma lama Sistem Manajemen: fokus pada hasil dan sistem K3 bersifat paralel. Yang termasuk aspek paradigma baru dari sistem manajemen adalah...
    a. Partisipasi dan konsultatif
    b. Bangga atas keberhasilan K3
    c. Fokus pada proses
    d. Menyalahkan korban
Jawaban:
  1. a. 20%
  2. a. 0,5
  3. b. Tenaga kerja
  4. a. Jumlah dan jenis jabatan
  5. b. Jenis dan jenjang jabatan
  6. d. Uraian jabatan
  7. a. Proses bisnis pelatihan dan pengembangan SDM
  8. a. Integrasi balas jasa
  9. c. Loyalty
  10. d. Filosofi holistik
  11. b. Program K3 merupakan bagian dari penilaian kinerja
  12. b. Audit ketaatan azas
  13. d. Audit inovasi
  14. a. Modal kerja yang tidak cukup
  15. d. Penerapan dan pemanfaatan budaya berbasis kompetensi secara maksimal
  16. b. Makna laporan audit SDM
  17. c. Meningkatnya keluhan karyawan
  18. b. 0,2
  19. c. Mengukur biaya-biaya gaji dan tunjangan serta biaya administrasi lainnya
  20. a. Compensable factors
  21. c. Efesiensi utama dan efesiensi strategik
  22. c. Fokus pada proses
LihatTutupKomentar