Perkembangan internet banking di Indonesia lebih banyak dipicu oleh pengguna internet yang meningkat sangat pesat. Untuk terusan internet sekarang tak harus mengandalkan komputer atau laptop, namun lebih banyak didominasi malah memakai smartphone di tangan. Inovasi produk dan penggunaan teknologi terkini sudah menjadi faktor tak terpisahkan dunia perbankan. Tujuannya yaitu memperbaiki mutu pelayanan biar kian cepat, memuaskan sekaligus efisien. Bank BRI tak ingin ketinggalan dari yang lain dengan menghadirkan layanan internet banking bank BRI.
Layanan internet yang kian murah di Indonesia menciptakan banyak orang sekarang sanggup terhubung ke dunia online. Para nasabah bank BRI pun akan sanggup selalu berinteraksi dengan institusi bank milik pemerintah yang satu ini lewat internet banking. Makin ke sini makin banyak nasabah bank BRI yang memanfaatkan fitur ini untuk banyak sekali keperluan menyerupai sekedar cek saldo, bayar tagihan bulanan kartu kredit, pembayaran pembelian online dan juga mentransfer uang ke rekening lain. Lalu bagaimana bahu-membahu mekanisme cara daftar internet banking bank BRI ini?
Setiap nasabah bank BRI boleh memakai layanan ini setelah sebelumnya melaksanakan pendaftaran. tak perlu ke cabang atau unit BRI bila memang sedang sibuk alasannya yaitu cara daftar internet banking bank BRI sanggup dilakukan cukup di mesin ATM. Untuk itu masukkan kartu ATM BRI kemudian ketik PIN menyerupai biasanya. Beberapa sajian yang ada, pilih 'Internet Banking' untuk mendaftar. Buat PIN dari kombinasi 6 digit angka unik. Pada kertas struk yang kelaur dari mesin ATM tertera User ID untuk dipakai selanjutnya ketika aktivasi.
Siapkan User ID dan isyarat PIN pendaftaran untuk proses aktivasi, caranya login ke website internet banking BRI di alamat https://ib.bri.co.id. Begitu berhasil masuk, akan diberikan poin-poin Syarat dan Ketentuan penggunaan BRI Internet Banking untuk disetujui nasabah pengguna. Tekan saja tombol Setuju yang akan membawa nasabah ke halaman berikutnya. Nasabah disarankan biar mengganti PIN pendaftaran dengan PIN gres untuk alasan keamanan akun internet banking mereka.
Bila sekedar untuk cek saldo, cek mutasi atau cek tagihan maka nasabah tak perlu mengurus mToken. mToken merupakan pengaman ekstra yang akan selalu diminta di tiap kali melaksanakan transaksi perbankan menyerupai pengiriman uang, pelunasan tagihan, pembelian, mengganti password ataupun mengubah alamat e-mail. Nasabah sanggup meminta mToken ketika membuka website Internet Banking BRI, setelah melengkapi pendaftaran mToken di kantor cabang BRI dan mengaktifkannya. mToken ini berupa daftar OTP (One Time Password) yang dikirimkan oleh sistem bank BRI ke nomor ponsel nasabah yang sebelumnya sudah terdaftar. OTP ini mempunyai masa berlaku terbatas dan nasabah sanggup meminta kembali cukup dengan mengirimkan SMS.